Cara Mencegah Dehidrasi di Bulan Ramadhan

Dehidrasi termasuk salah satu masalah yang dihadapi banyak orang saat musim kemarau. Masalah yang satu ini bisa menyebabkan masalah-masalah lain seperti perubahan suasana hati, tidak seimbangnya energi, dan sulitnya berkonsentrasi. Air bersih bisa menjadi barang mewah di saat musim kemarau.
mencegah dehidrasi
via winatour.com
Berhubung bulan ramadhan bertepatan dengan musim kemarau, tentu orang yang berpuasa mempunyai resiko terkena dehidrasi . orang-orang yang paling rentan terkena dehidrasi yaitu anak-anak, orang tua, orang yang punya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit ginjal serta orang yang bekerja dengan mengerahkan tenaga fisik terutama jika mereka terpapar sinar matahari selama bekerja.

Untuk mencegah dehidrasi di bulan ramadhan, kita perlu menghindari makanan dengan kadar garam tinggi, minuman ringan, kacang-kacangan  dan makanan cepat saji yang meningkatkan penyerapan air dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Saat berbuka dan sahur kita perlu mengonsumsi sejumlah air, buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa menjaga kadar air dalam tubuh, memakan kurma yang bisa melembabkan dan melindungi tubuh dari dehidrasi, memakan nasi putih karena mengandung kadar air yang tinggi, mengganti kopi dengan teh serta mengurangi meminum air setelah berbuka agar jangan sampai tubuh kehilangan air melalui buang air kecil, kita bisa menggantinya dengan memakan kurma dan sayuran yang bisa menjaga kadar air dalam tubuh.

Air merupakan sumber kehidupan, kita bisa saja tidak makan selama seminggu atau mungkin lebih tetapi kita tidak akan mampu bertahan hanya dalam beberapa hari kalau tidak mengonsumsi air.
Berikut adalah beberapa tips dari para ahli muslim untuk menghindari dehidrasi di bulan suci ramadhan.
  • Minumlah air yang cukup antara berbuka dan sahur sekitar 8-10 gelas air. Sebaiknya meminum air yang dingin karena akan lebih cepat diserap tubuh.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung rempah-rempah terutama saat berbuka karena kita perlu meminum banyak air setelah memakannya.
  • Makanlah buah dan sayur yang cukup karena makanan ini mengandung air yang cukup tinggi, kaya akan serat dan bisa mengurangi rasa lapar dan haus. Kamu bisa memilih buah dan sayur berikut:  semangka (92% dari beratnya adalah air), tomat (94%), mentimun (95%), seledri (96%), anggur (81%).
  • Kurangi konsumsi garam, karena akan menyebabkan mudah merasa haus. Kita disarankan menambahkan garam pada makanan yang dimasak saat sudah agak dingin di piring dan bukan menambahkan garam saat makanan tersebut sedang dimasak karena garam akan cepat larut begitu suhu naik. Kita perlu menghindari makanan yang mengandung garam cukup tinggi seperti: ikan asin, acar, kacang asin, dll.
  • Hindari permen. Studi menunjukkan konsumsi permen  dikaitkan dengan rasa haus yang tinggi karena mengandung kadar gula yang tinggi. Kita bisa menggantinya dengan buah-buahan yang juga mempunyai rasa yang manis.
Itulah beberapa tips menghindari dehidrasi yang informasinya saya dapatkan dari situs www.altibbi.com

Click to comment