Bulan Ramadhan Adalah Kesempatan Yang Bagus Buat Kamu Berhenti Merokok


rokok
via pixabay
Bagi Kamu Yang Merokok, Bulan Ramadhan Adalah Kesempatan Kamu Untuk Berhenti Merokok
Selama bulan ramadhan, umat muslim berpuasa satu bulan penuh jika tidak halangan. Mereka berpuasa untuk tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga matahari terbenam, dan bagi kamu yang merokok tentunya kamu juga tidak boleh merokok saat kamu berpuasa.

Ada zat di dalam rokok yang bernama nikotin. Kalau kamu ketergantungan sama nikotin, akibatnya saat kamu menahan diri untuk tidak merokok maka kamu akan mengalami gejala-gejala seperti mudah tersinggung dan sulit berkonsentrasi. Kecanduan zat ini akan berakibat pada perilaku dan emosional kamu. Jadinya saat berbuka, kamu akan buru-buru mengambil sebatang rokok dan menghisapnya setelah selesai makan atau bahkan kamu merokok terlebih dahulu sebelum makan karena sudah seharian tidak merokok.

Kalau kamu ingin berhenti merokok pastinya kamu harus berniat sungguh-sungguh. Berhubung selama bulan ramadhan kamu dituntut untuk tidak merokok saat puasa, ini akan menjadi kesempatan bagus untuk kamu menjauhkan diri dari barang tersebut. Kalau selama ini kamu selalu punya banyak alasan untuk merokok seperti merokok itu bisa menghilangkan stres dan memberikan energi, mulai saat ini kamu perlu mengubah pola pikirmu itu.

Merokok itu memberikan pengaruh buruk pada kondisi  psikologismu.
Sebetulnya merokok itu akan menjaga kadar nikotin yang ada pada darah si perokok terutama pada bagian otak. Untuk itu jika kamu seorang perokok dan kadar nikotin yang ada pada dirimu itu cukup tinggi maka alasan-alasan kamu untuk merokok seperti yang disebutkan di atas akan terasa jelas dan kuat. Kamu pun yakin bahwa merokok itu suatu kebeutuhan dan kebutuhan perlu untuk dipenuhi. Begitu kamu merokok maka kadar nikotin pun menurun.

Kalau sudah seperti ini, kamu perlu mengalihkan perhatian kamu dari keinginan untuk merokok. Kamu bisa melakukan kegiatan fisik seperti jogging, membersihkan motor, menyiangi rumput. Hal ini akan membuat kegiatan merokok sulit dilakukan.

Kamu mungkin sanggup untuk tidak merokok saat sedang puasa. Tetapi keinginan merokok bisa saja kambuh dan membuat kamu ingin kembali merokok. Dan saat paling sulit untuk tidak merokok adalah saat berbuka. Untuk saat-saat seperti ini kamu perlu melewatinya dengan tips-tips berikut.
  • Ambillah makanan atau minuman bukan mengambil rokok, kamu tentunya lapar kan karena tidak makan seharian.
  • Hindari minuman yang biasanya disandingkan dengan rokok seperti kopi.
  • Setelah selesai berbuka segera tinggalkan tempat makan dan jangan menutup makan dengan merokok.
  • Pergi ke mushalla atau masjid untuk shalat
Keberhasilan usahamu untuk merokok tergantung kamunya sendiri. Kalau kamu bersungguh-sungguh kamu pasti bisa melakukannya.

Sumber:
www.altibbi.com (14/06/2015)

Click to comment