Langsung ke konten utama

7 Tips Mengurangi Rasa Haus di Bulan Ramadhan

Kita pasti pernah merasakan haus. Haus merupakan sebuah kondisi dimana seseorang berkeinginan mengambil cairan. Tubuh kita bekerja sesuai dengan mekanisme keseimbangan cairan tertentu, jika kekurangan air atau meningkatnya konsentrasi sodium dan potasium (senyawa yang mengatur keseimbangan cairan antara bagian dalam dan luar sel melalui proses osmosis) maka kita akan merasa haus. Dimana reseptor saraf mengirim sinyal ke sistem saraf pusat sehingga ada kebutuhan untuk mengambil cairan dan kita pun akan merasa haus.
air_minum
via tebtime.com

Jika tubuh kita kekurangan cairan, kita bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti kulit kering,  kelelahan, pusing, masalah konsentrasi, kantuk, kejang otot, sakit kepala, aritmia, dan kegagalan tubuh untuk mengatur panas.
Ketika bulan Ramadhan datang di musim kemarau, kita bisa mudah merasa haus disebabkan cuaca yang panas dan hari yang panjang karena masa puasa bisa berlanjut hingga lebih dari 12 jam sehari. Orang yang berpuasa harus pergi bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti bulan lainnya. Berikut beberapa tips mengatasi rasa haus:
  1. Makanan berperan besar untuk membuat seseorang mampu menahan rasa haus saat berpuasa. Makanlah sayuran segar dan buah-buahan di malam hari atau saat sahur karena mengandung banyak air dan serat.
  2. Hindari minum minuman manis terutama saat sahur, karena dapat menarik cairan dari sel dan dari darah sehingga tubuh membutuhkan air. Gantilah dengan meminum jus buah segar, dan hindari mengonsumsi lebih banyak makanan yang manis-manis karena bisa meningkatkan rasa haus.
  3. Tambahkan sedikit garam pada salad atau ganti garam dengan lemon, karena terlalu banyak garam akan meningkatkan rasa haus saat berpuasa. Hindari juga mengonsumsi makanan yang mengandung bumbu dan rasa pedas karena dapat meningkatkan rasa haus.
  4. Jauhi makanan asin seperti ikan asin karena makanan ini meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.
  5. Hindari minuman bersoda karena mengandung karbon yang menyebabkan perut kembung dan rasa kenyang serta mencegah tubuh mempergunakan cairan. Gantilah makanan goreng dan panggang dengan makanan rebus.
  6. Hindari paparan sinar matahari berkepanjangan karena meningkatkan keringat dan kehilangan cairan dari tubuh. Dengan begitu bisa meningkatkan rasa haus. Gunakanlah sarana perlindungan dari sinar matahari.
  7. Minumlah air secukupnya antara berbuka dan suhur, minumlah setidaknya delapan gelas air. Jumlah air tergantung pada tingkat aktivitas fisik dan kondisi kerja seseorang. Jangan minum air dalam jumlah besar sekaligus. Air harus dalam suhu sedang dan tidak terlalu dingin karena air dingin menyebabkan masalah pencernaan.
Itulah tujuh tips mengurangi rasa haus saat berpuasa di bulan ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat.
Baca artikel aslinya di: www.altibbi.com

Komentar