Cara Membersihkan Keramik dan Marmer di Dapur

Membersihkan Dapur
image: brayandscarff.com

Tugas membersihkan lantai dan permukaan dapur, yang sebagian besar terdiri dari marmer atau keramik merupakan hal penting yang harus dilakukan selama proses pembersihan dapur secara keseluruhan, mengingat kebutuhan ibu rumah tangga untuk lebih berupaya membersihkannya.



Membersihkan keramik di dapur

Keramik merupakan salah satu elemen yang paling banyak digunakan di lantai dapur. Ditandai dengan kuat, anti gores, tahan api dan anti-kelembaban. Hal ini juga cocok untuk berbagai jenis lingkungan dan iklim.

Cara pembersihan keramik di dapur

  • Membersihkan dan menyeka keramik secara teratur menggunakan sikat lembut dan kain lembut, dan hindari penggunaan wol kasar karena bisa merusak keramik, dan juga hindari mengikis keramik dengan alat tajam.
  • Sebaiknya gunakan deterjen yang diencerkan dengan pH (7) saat membersihkan keramik, lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan agar keramik tetap mengkilap.
  • Jauhkan dari deterjen dan pemutih yang mengandung amonia dalam komposisi dasarnya.
  • Untuk menghilangkan bekas air dan sabun dari keramik setelah dipel, bisa dilap dengan larutan air dan cuka dalam jumlah yang sama.
  • Bersihkan keramik dari apa saja yang tumpah atau tertuang segera.

Bersihkan marmer di dapur

Marmer perlu mendapat perhatian khusus dan lebih dari sekedar keramik, karena perawatan harus dilakukan agar jangan ada yang menabrak permukaan marmer seperti pembersih asam atau kimia yang bisa mempengaruhi penampilan, terutama karena harganya yang mahal dibandingkan dengan lantai dan permukaan lainnya.

Cara terbaik membersihkan marmer

  • Bahan terbaik untuk membersihkan marmer adalah bahan Baking Soda (Bikarbonat) yang murah dan tidak mengandung bahan kimia dan konsentrasinya cepat, dan tidak merusak marmer atau akan berdampak negatif, dan merupakan disinfektan alami. Efektif untuk menghilangkan kuman dan kotoran.
  • Perhatian harus dilakukan untuk membersihkan marmer secara berkala jika kotor.
  • Ibu rumah tangga sebaiknya tidak menggunakan cuka dan lemon untuk membersihkan marmer karena bisa menyebabkan goresan.

Sumber:

Click to comment