Langsung ke konten utama

Cara menyingkirkan bau mulut di bulan Ramadhan

Fenomena bau mulut kerap terjadi di bulan Ramadhan terutama bagi mereka yang tidak menjaga kesehatan mulut dan sistem pencernaan! Inilah tips mengatasi bau mulut.
Cara menyingkirkan bau mulut di bulan Ramadhan
via dokita.co

Penyebab bau mulut di bulan Ramadhan

Setelah beberapa jam berhenti makan, orang yang berpuasa kerap memiliki bau mulut yang tidak sedap, yang biasanya disebabkan oleh:
  • Bau busuk pada awal puasa hasil dari sekresi cairan pencernaan di perut, yang tidak bisa menemukan sesuatu untuk dicerna. Masalah tersebut kemudian meluas berjam-jam. Terkadang memakan waktu sepanjang hari. Saat tubuh membakar lemak yang tersimpan sampai menghasilkan energimenyebabkan produksi keton dengan bau yang tidak sedap.
  • Puasa menyebabkan penurunan produksi air liur yang signifikan, yang menyebabkan mulut kering dan ber

Cara menghindari bau mulut di bulan Ramadhan

Berikut adalah beberapa cara dan panduan yang akan membantu menjaga kamu selama masa puasa:
  • Minum banyak air sebelum dan sesudah berpuasa

Untuk mencegah mulut kering atau bau, disarankan untuk minum air putih (sekitar 2-3 liter) pada jam berbuka di satu sisi, dan di sisi lain dianjurkan untuk membaginya antara sahur dan berbuka. Biasanya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman yang kaya gula sederhana seperti minuman bersoda atau yang akan kafein karena bisa meningkatkan rasa haus.
  • Jauhi makanan manis

Gula adalah makanan yang sempurna bagi bakteri untuk memecah menjadi asam dan racun yang menyebabkan bau mulut, sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula.
  • Berhenti merokok

Kamu harus menghindari merokok atau berhenti sepenuhnya dengan mempertimbangkan untuk tidak minum sejumlah besar minuman yang kaya akan kafein sebelum berpuasa, karena ini menghambat kerja kelenjar ludah, yang dapat menyebabkan rasa lelah dan rasa haus yang meningkat.
  • Konsumsilah makanan yang merupakan sumber probiotik

Mengambil sumber probiotik, seperti yoghurt, atau jamur berkontribusi untuk memperbaiki usus dan mencapai keseimbangan bakteri yang baik, yang berkontribusi besar terhadap pengendalian penyakit dan semua penyebab bau busuk.
  • Makan madu

Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antibakteri dan memiliki peran sangat besar dalam melawan bau mulut, meski mengandung gula. Pastikan untuk mengambil satu sendok teh madu sejam sebelum dimulainya berpuasa untuk menghindari bau mulut.
  • Jangan lupa bersihkan mulut dan gigi

Sangat penting untuk membersihkan lidah dengan lembut dua kali sehari dengan menggunakan sikat lidah khusus, fokuskan pada bagian belakang lidah, yang merupakan lingkungan optimal untuk pembiakan bakteri.
Dianjurkan untuk menggunakan obat kumur steril yang bebas alkohol agar tidak mengeringkan mulut.
  • Kunjungi dokter gigi

Sebaiknya kamu mengunjungi dokter gigi secara berkala, untuk mengatasi masalah gigi seperti karies, karies yang rusak, atau radang gusi dapat menyebabkan bau mulut yang buruk.
Kesimpulannya Jika kamu ingin mengatasi bau mulut selama bulan suci Ramadhan, sangat sederhana sebenarnya kamu hanya perlu membersihkan gigi dan lidah dengan baik serta meminum sejumlah air kapan pun kamu bisa.
Sumber:

Komentar