Manfaat Kurma Bagi Tubuh

Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya menambah berat badan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, mencegah sembelit, bahkan untuk memperbaiki kehidupan seksual. Kurma bisa mengatur pencernaan dan memberi tubuh banyak nutrisi.
kurma
via bangka.tribunnews.com

Kurma berperan sebagai:

  • Anti-diare dan gangguan gastrointestinal (lambung dan usus)
  • mengobati anemia
  • Mencegah masalah jantung
  • mencegah kanker gastrointestinal tertentu
  • terkadang masuk untuk diet menambah berat badan atau menurunkannya.
Kurma merupakan sumber vitamin, mineral dan kaya akan serat makanan, sekaligus sumber kalsium, besi, kalium, fosfor, mangan, belerang, tembaga dan magnesium.

Berikut adalah kandungan kalori dan nutrisi 100 gram kurma berdasarkan USDA:

Kalori282 kalori
Karbohidrat75 g
Protein2 g
Lemak0 g
Serat Makanan8 g
gula66 g
Kalsium39 mg
Kalium656 mg
Magnesium43 mg
Mangan0,3 mg
Tembaga0,3 mg
Besi1 mg

Apa saja sih manfaat kurma itu?

  1. Memperkuat kesehatan sistem pencernaan:

Kurma merupakan sumber serat makanan yang larut dan tidak larut yang berperan dalam memperkuat kesehatan fungsi sistem pencernaan dan mencegah konstipasi, mencegah infeksi usus dan usus besar, wasir dan kanker saluran cerna.
  1. Mengobati anemia

Kurma merupakan sumber banyak mineral, termasuk zat besi, yang berperan dalam pengobatan anemia kekurangan zat besi.
  1. Sumber energi bagi tubuh

Kurma mengandung kadar yang tinggi dari karbohidrat dan gula alami seperti: glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang memasok energi bagi tubuh, meningkatkan kadar gula darah, dan terkadang menjadi makanan ringan yang ideal dan tepat terutama saat pra-olahraga untuk para atlet.
  1. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

Kurma mengandung berbagai vitamin yang penting untuk kerja sistem saraf dan otak. kandungan glukosanya yang tinggi diperlukan untuk kerja otak sebagai sumber energi utama.
  1. Mempromosikan kesehatan jantung

Kurma berguna untuk kesehatan jantung karena kurma adalah sumber potassium dan magnesium yang penting bagi jantung, diperlukan untuk keteraturan jantung. Kurma kaya dengan serat makanan yang berperan mengurangi kadar kolesterol jahat LDL di tubuh, yang berperan dalam mencegah stroke Dan serangan jantung.
  1. Anti-inflamasi

Kandungan magesium kurma dengan membuatnya memiliki efek anti-inflamasi. Beberapa penelitian telah menemukan peran penting magnesium dalam mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, arthritis, dan penyakit Alzheimer.
  1. Mengontrol tekanan darah

Kurma merupakan sumber potasium yang tinggi yang merupakan elemen penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Ditambah kandungan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat kurma di bulan Ramadhan

Memulai berbuka dengan memakan kurma segera saat maghrib tiba setelah berpuasa merupakan sunnah Nabi saw, juga bermanfaat bagi tubuh. Inila keistimewaan mengawali berbuka dengan kurma, kurma:
  • Berisi gula alami sederhana, seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa, yang memberi energi pada tubuh.
  • Mudah dicerna dan diserap
  • Meningkatkan kadar gula darah, karena gula cepat diserap tubuh
  • Meyiapkan tubuh untuk makanan selanjutnya
  • Melindungi dari infeksi usus.
Bagaimana? Cukup banyak kan manfaat kurma. Kurma adalah pilihan terbaik untuk hidangan ta'jil berbukamu. Kalau menurut kamu artikel ini bermanfaat, tolong dishare ya.
Sumber:
www.webteb.com

Click to comment