Langsung ke konten utama

Tidak Bisa Menyelesaikan kursus Online? Ini Dia Solusinya

Saat ini banyak yang menawarkan kursus online dan banyak juga orang yang lebih memilih kursus online daripada kursus secara konvensional. Masalah yang mungkin muncul saat kamu belajar secara online  yaitu saat kamu memulai kursus tetapi tidak bisa menyelesaikannya. Dan masalah ini terus berlanjut dari waktu ke waktu. Sekarang mari mencari penyebab sekaligus solusinya.
laptop-computer-frame-lying-down-lazy-table
via japantrends.com

Kursus apa facebook ya?

Ini nih penyebab kursus kamu tidak selesai-selesai. Kegiatan kursus yang rutin terkadang terasa menjemukan dan kamu butuh hiburan. Kamu pun tergoda untuk main facebook. Kalau disuruh milih kursus apa facebook, kamu mungkin cenderung lebih memilih facebook yang bisa memberikan kesenangan dan kenyamanan instan.
Sebetulnya kalau kamu ikut kursus, kamu harus benar-benar berupaya untuk mengikutinya. Ya bisa saja kegiatan kursus itu membosankan tapi mau tidak mau ya harus mau. Kalau kamu lebih memilih kenyamanan maka ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan, bukan hanya facebookan tapi kamu juga bisa nonton film atau pergi jalan-jalan.  Ya kan?
Maksudnya bukan kalau ikut kursus artinya tidak boleh membuka facebook tetapi kamu seharusnya jangan mencampur waktu belajar dengan facebookan. Di internet kamu terkadang belajar secara acak. Namun sebaiknya mampu memanajemen waktu dengan baik. Saatnya belajar ya belajar, saatnya bermain ya bermain.
Tips lainnya untuk mengatasi masalah yang satu ini yaitu jangan menjadikan waktu belajar sebagai alternatif kegiatan apabila kamu tidak bisa kencan. Karena kamu belajarnya jadi terganggu dan tidak fokus, kamu terus kepikiran untuk pergi keluar. Kalau mau belajar ya usahakan jangan terpengaruh gangguan dari luar.

Jangan bergabung dengan lebih dari satu kursus pada saat yang sama

Jangan memutuskan untuk bergabung ke kursus lain jika kamu belum mampu menyelesaikan kursus yang sedang kamu ikuti. Manfaatkanlah kursus yang telah kamu ikuti. Kamu harus menentukan tujuan belajar secara online dan putuskan pilihan yang paling tepat. Hal ini akan membantumu berkomitmen, fokus dan tidak terganggu oleh sesi yang berbeda. Semakin banyak kursus maka akan semakin membingungkan.

Bagilah materi kursus menjadi bagian-bagian kecil.

Mungkin kamu awalnya memilih kursus secara berkala, dan kamu tidak menonton video pada sesi-sesi kursus  yang kamu ikuti. Akhirnya kamu terpaksa harus nonton banyak video sekaligus dalam waktu singkat. Kamu seharusnya membaginya menjadi bagian-bagian kecil.
Yang kamu butuhkan adalah belajar dari kursus bukan kemampuan menonton atau mengikuti kursus.

Berinteraksi pada sesi kursus

Kamu perlu berinteraksi jangan hanya diam saja saat kursus. Dengan berinteraksi kamu akan lebih fokus dan mendorong kamu untuk memperoleh informasi.
Kamu bisa merekam apa yang kamu pelajari, mencatat poin-poin penting. Sebaiknya kamu mencari kursus yang lebih interaktif karena semakin kamu memiliki peran dalam kursus, kamu semakin mengikuti kursus.
Diskusikan apa yang telah kamu pelajari dengan orang-orang sekitar
Kita lebih menanggapi hal-hal yang membuat kita berpikir, mendorong kita untuk mengajukan pertanyaan, dan merasa bahwa apa yang kita pelajari bisa membuat perbedaan dalam hidup kita.
Maka setelah jam kursus berakhir kamu bisa mendatangi orang-orang yang kamu percaya dan ceritakan apa yang telah kamu pelajari.

Belajar secara berkelompok

Carilah orang-orang yang mempunyai minat yang sama dalam sebuah mata pelajaran kursus. Kamu bisa belajar secara berkelompok dengan mereka. Kalau kamu belajar sendirian kamu tidak bisa berdiskusi dan interaksimu juga terbatas, sedangkan kalau belajar secara berkelompok kamu bisa berinteraksi dan berdiskusi dengan mereka. Kamu pun jadi lebih semangat dalam belajar.
Namun kembali pada diri kita masing-masing, mungkin kamu berpikir belajar sendiri berarti kita melakukannya sendiri. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa berkumpul bukan?
Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas yang menurutmu menguntungkan. Yang penting bisa menghilangkan masalah tidak menyelesaikan kursus online. Materi yang kamu dapatkan bisa membuat perubahan besar dalam hidupmu kalau kamu berkomitmen.

Sumber:
Mu’adz Yusuf, https://www.arageek.com/edu/2017/05/18/how-to-complete-your-online-course.html (18/05/2017)
Diakses pada 20/05/2017

Komentar