Langsung ke konten utama

9 Tips Ampuh Belajar Sistem Kebut Semalam Tanpa Ngantuk

Seperti yang kita tahu kalau kurang tidur itu bisa menyebabkan masalah kesehatan dan bisa menyebabkan kamu tertidur di ruang pemeriksaan. Kita juga tahu kalau belajar di pagi hari lebih bermanfaat. Namun karena kebanyakan kita menunda-nunda atau meninggalkan belajar sampai akhirnya malam sebelum ujian tiba atau karena banyak dari kita yang tidak punya kesempatan belajar yang nyaman di siang hari.
9 Tips Ampuh Belajar Sistem Kebut Semalam Tanpa Ngantuk
via youtube.com

Sekarang mari kita bahas langkah-langkah paling efektif yang bisa kita lakukan untuk belajar sistem kebut semalam tanpa menyebabkan kamu tertidur di ruang ujian.

1. Kesehatanmu adalah yang terpenting

Tidur itu sangat penting. kalau kamu rentan sakit jika kamu tidak tidur di malam hari, sebaiknya jangan lakukan sistem kebut semalam. Kamu usahakan untuk bisa belajar di siang hari.
Kalau kamu mau belajar semalaman suntuk, sebaiknya kamu tidur dulu di siang atau sore harinya.

2. Jaga makanan yang kamu makan

Awali harimu dengan makanan yang kaya protein karena protein pada dasarnya adalah penguat energi. Semakin kamu perlu memberi dorongan pada diri kamu sendiri, kamu harus mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti telur. Dengan cara ini kamu bisa berkonsentrasi selama 24 jam berikutnya. Hindari telat makan dan makan makanan berat yang bisa membuat kamu merasa ngantuk.

3. Jauhi pekerjaan yang melelahkan

Mulailah harimu dengan menyiapkan tenaga agar mampu belajar yang dituntut untuk menanggung stres mental dalam waktu lama. Jangan melakukan apapun yang membutuhkan kerja fisik yang keras sepanjang hari.

4. Hindari kopi

Keliru jika kamu berpikir kalau kopi membantumu agar tetap terjaga. Kamu harus menghindari kopi atau minuman energi. Sebagai gantinya, kamu harus minum segelas air setiap setengah jam.

5. Hindari sumber gangguan

Hentikan semua sumber gangguan seperti telepon dan chatting. Caranya matikan Internet untuk menghindari pemberitahuan yang terus berlanjut dan konsentrasilah pada pelajaran. Sebaiknya kamu tinggalkan telepon di ruangan lain sehingga kamu tidak menghabiskan malam untuk berbicara dengan temanmu.

6. Jangan menahan serangan tidur

Menghindari serangan tidur bukanlah tugas yang mudah, tapi sebaiknya jangan fokus pada pelajaran semalaman penuh dengan prioritas penuh. Cobalah tenang untuk menjaga agar tubuh dan pikiran kamu selalu aktif, bahkan jika dibutuhkan  istirahat dan tidur untuk memulihkan aktivitas.

7. Pilih tempat yang tepat

Siapkan tempat yang nyaman untuk belajar, tapi jangan pikir tempat tidur adalah tempat yang nyaman untuk belajar karena itu akan membuat Anda tenggelam dalam dunia mimpi setelah seperempat jam memegang buku. Jangan hanya mengandalkan penerangan lampu meja tapi buatlah pencahayaan yang menutupi seluruh ruangan sehingga ruangan tidak gelap kecuali kalau kamu belajar di kantor, karena jika ruangan gelap, itu akan membuatmu merasa ngantuk.

8. Istirahat sejenak

Penting untuk beristirahat sejenak selama belajar, sekitar 5-10 menit setiapsatu  jam. Itu tidak hanya membantumu tetap terjaga selama belajar tapi juga menyegarkan pikiran untuk tetap aktif. Kamu bisa mencoba berlari mengelilingi ruangan atau semprot wajah dengan air. Ini akan membantu merevitalisasi tubuh dan pikiranmu serta membantu kamu agar fokus sehingga kamu tidak merasa mengantuk saat belajar di malam hari.

9. Buat daftar topik yang ingin kamu pelajari

Tentu kamu tidak bisa mempelajari keseluruhan kurikulum selama semalam atau mempelajari satu buku tebal. Jadi cantumkan materi yang ingin kamu pelajari materi sehingga kamu mempelajari bagian penting pelajaran dan meninggalkan materi yang bisa ditunda lain waktu.
Biar bagaimanapun ini bukanlah cara terbaik untuk belajar. Tapi tips-tips ini bisa kamu coba saat situasi darurat.

Sumber:

Komentar