Langsung ke konten utama

Tips Mengatasi bosan Ketika Belajar

Kita sering mengalami ini, kebosanan muncul ketika hendak belajar. Kita lebih tergoda untuk pergi keluar atau melakukan aktivitas lain. Apalagi ketika mau ujian, kita dipaksa untuk belajar dalam situasi apapun.
Sebetulnya, semua itu adalah tentang keinginan batin. Kita mengira pilihan lain yang ada jauh lebih baik daripada belajar, seperti main Facebook atau menonton film, di mana kita mendapatkan kesenangan yang tidak dapat kita temukan saat belajar.
Tips Mengatasi bosan Ketika Belajar
image: youtube.com

Bagaimana Mengatasi Kebosanan Saat Belajar

Tetapkan Tujuan Belajar

Salah satu alasan kita bosan saat belajar adalah karena kita tidak punya tujuan belajar yang ingin kita capai. itu sebabnya kita memperlakukannya sebagai tugas, oleh karena itu kita harus mengatasi perasaan ini.
Buatlah tujuan belajar yang benar-benar ingin kita capai bukan sekedar angan-angan. Biarpun tujuannya adalah untuk menyingkirkan beban ujian, karena jika kamu gagal dalam ujian tersebut, maka kamu harus ikut ujian lagi, itu hal yang sangat tidak kita inginkan.

Lingkungan belajar

Ciptakanlah lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Tetapkan belajar sebagai kegiatan rutin yang harus kita laksanakan sehingga kamu pun terbiasa dengan kegiatan ini. Pastikan juga jadwal belajarmu jauh dari waktu tidur. Sterilkan tempat duduk dari berbagai macam gangguan, seperti obrolan, kebisingan dan televisi. Kamu pun dapat fokus pada apa yang sedang kamu pelajari. Sesuaikan pencahayaan ruangan sehingga membuatmu measa nyaman tapi tidak perlu sampai rileks yang dapat membuat kamu tertidur.Pastikan juga untuk menghindari gangguan internal seperti merasa lapar dengan cara makan sebelum mulai belajar.

Buatlah rencana belajar yang bagus

Sesuatu yang membuat kita bosan adalah pokok materi yang sedang kita pelajari. Kamu harus membagi materi ke dalam hal-hal yang kamu sukai dan tidak kamu sukai.
Lalu kamu bisa menggabungkan keduanya. Mulailah dengan materi yang kamu sukai, lalu beralih ke sesuatu yang tidak kamu sukai.

Gunakan cara belajar yang bervariasi

Jika kamu merasa terbiasa melakukan kegiatan yang membuatmu merasa bosan, kamu perlu mengatasinya ketika belajar. Caranya yaitu untuk dengan menggunakan berbagai cara dalam belajar. Misalnya dengan menulis, menggunakan berbagai jenis bacaan atau kamu bisa menceritakan apa yang kamu pelajari kepada saudara di rumah. Kamu juga bisa menggunakan alat belajar yang beragam seperti polpe yang berwarna-warni.

Membagi waktu untuk beristirahat

Belajar terus-terusan sepanjang hari, bahkan jika kamu mempelajari apa yang kamu sukai dan memiliki tujuan yang kuat untuk mencapainya itu juga bisa dengan mudah membuat kamu bosan.
Maka kamu pelu beristirahat di siang hari dan melakukan hal-hal yang kamu sukai dan bersenang-senang menikmati waktu istirahatmu.
kamu bisa membuat waktu istirahat menjadi tujuan untuk diri kamu sendiri, seolah-olah kamu diberi hadiah jika kamu menyelesaikan tugas belajarmu.
Ingatlah selalu bahwa kebosanan terjadi bersama kita sepanjang waktu, dan kita perlu mengakui keberadaannya, sehingga kita bisa mengatasinya dan menyingkirkannya selama kita belajar.

Sumber:

Komentar