Langsung ke konten utama

Macam Macam Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Gangguan Kecemasan Umum

Generalized Anxiety Disorder (GAD) yaitu gangguan kecemasan yang berupa rasa gelisah yang kronis, khawatir dan ketegangan yang berlebihan meskipun kadang tidak ada hal yang memicunya.
Obsesif Kompulsif Disorder
Obsesif Kompulsif Disorder (OCD) yaitu gangguan yang berupa pikiran-pikiran yang mengganggu dan tidak diinginkan (obsesi) untuk melakukan perilaku-perilaku (dorongan) dan hal itu muncul secara berulang-ulang. Perilaku-perilaku tersebut seperti mencuci tangan, menghitung, mengecek, atau membersihkan sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang agar pikiran-pikiran (obsesi) yang mengganggu tersebut pergi. Namun perilaku berulang ini tidak benar-benar mengusir pikiran obsesif tersebut, karena setelah beberapa saat pikiran-pikiran itu bisa muncul lagi bahkan mungkin lebih kuat.
Macam Macam Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)
via pixabay

Gangguan Panik

Gangguan panik adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan perasaan takut yang tak terduga dan berulang serta disertai gejala fisik seperti misalnya pusing, nyeri dada, sesak napas atau jantung berdebar-debar.

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

    Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah gangguan kecemasan yang berkembang sebagai akibat dari peristiwa mengerikan yang mana terjadi luka fisik yang serius atau mengancam. Peristiwa mengerikan tersebut seperti bencana alam, kecelakaan, perang, pembunuhan, atau pengalaman pribadi yang buruk.

Social Anxiety Disorder (Fobia Sosial)

    Fobia Sosial atau Social Anxiety Disorder adalah gangguan kecemasan yang berupa kecemasan yang berlebihan saat berada dalam situasi sosial sehari-hari. Fobia sosial bisa terjadi hanya pada satu jenis situasi sosial tertentu seperti kecemasan berlebih saat berbiacara di depan umum atau kecemasan berlebih saat makan dan minum di depan orang lain. Selain itu pada tingkat yang sangat parah seseorang bisa mengalami gejala kecemasan hampir di setiap situasi sosial dimana dia berada di sekitar orang lain.


Agoraphobia

Agoraphobia adalah ketakutan untuk keluar di depan umum, entah itu ketakutan akan ruang terbuka atau ketakutan berada di tempat yang asing. Banyak penderita  agorafobia tidak pernah keluar rumah, atau mereka menghindari bepergian ke tempat lain selain rumah dan kantor mereka. Namun tidak semua penderita agarofobia menghabiskan seluruh waktunya di rumah mereka.
Seseorang dengan agorafobia mengalami ketakutan ini dalam dua atau lebih dari situasi berikut:
  •      Menggunakan transportasi umum
  •      Berada di ruang terbuka
  •      Berada di tempat tertutup
  •      Berdiri di barisan atau berada di tengah keramaian
  •      Berada di luar rumah sendiri

Seseorang hanya dapat didiagnosis dengan agorafobia jika rasa takut tersebut sangat mengganggu, atau jika hal itu mengganggu aktivitas normal sehari-hari.

Fobia spesifik

Fobia adalah perasaan takut yang kuat terhadap objek, hewan, atau hal tertentu yang pada umumnya tidak berbahaya. Fobia biasanya membawa pemikiran tentang bencana (pemikiran bahwa hal terburuk akan terjadi) atau perilaku penghindaran (melakukan apapun untuk menghindari objek). Contohnya fobia laba-laba, maka orang tersebut merasa takut pada laba-laba meskipun sebenarnya tidak semua jenis laba-laba itu berbahaya.

Komentar