Langsung ke konten utama

Apa Perbedaan Antara Cuaca dan Iklim?

cuaca

 

Cuaca

Cuaca adalah sebuah kondisi udara atau atmosfer dalam waktu yang singkat dan pada area yang sempit. Cuaca ini dipengaruhi oleh hujan, sinar matahari, kelembaban, angin, awan dan lain-lain. Contoh cuaca adalah: cuaca cerah, cuaca hujan lebat, cuaca berawan, dan lain-lain. Seperti yang kita tahu jika suatu tempat mengalami hujan, itu bukan berarti pada saat yang sama seluruh wilayah Indonesia mengalami hujan, dan bukan berarti hujan turun terus menerus tanpa jeda selama bertahun-tahun. Akan tetapi  hujan hanya terjadi pada daerah tertentu yang sempit seperti kota atau kecamatan, dan hanya berlangsung beberapa jam, satu hari atau beberapa hari kemudian cuaca akan berubah menjadi cerah misalnya. Itulah yang dimaksud dengan waktu yang singkat dan area yang sempit. Lalu bagaimana jika kondisi udara panas terus menerus selama berbulan-bulan? Atau terjadi hujan tetapi jarang? Itu bukan cuaca namanya tapi musim. Dan tidak mungkin juga udara panas terus menerus selama berbulan-bulan tanpa jeda, apa mungkin cuaca cerah di malam hari? Apa mungkin udara panas terik pada malam hari? Gak kan? Sebenarnya pergantian siang dan malam juga menyebabkan perubahan cuaca. Karena cuaca itu dipengaruhi oleh beberapa hal seperti suhu, kelembaban, hujan, matahari, angin dan lain-lain jadi tergantung sudut pandang yang mana yang kita gunakan untuk menyebut cuaca. Misalnya jika hujan turun terus menerus dari siang sampai malam, itu artinya tidak ada perubahan cuaca pada pergantian siang dan malam. Jika kita melihat sudut pandang suhu, misalnya di pagi buta cuaca dingin kemudian di tengah hari cuaca panas, tentunya perubahan siang dan malam juga menyebabkan perubahan cuaca.


Iklim

Menurut wikipedia, iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Jadi kondisi cuaca dan segala perubahaannya jika diukur dan diamati selama bertahun-tahun di daerah tertentu yang luas maka bisa disimpulkan menjadi sebuah kondisi rata-rata cuaca yang disebut iklim. Iklim dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut, juga posisinya terhadap matahari. Kita juga bisa membedakan iklim antara wilayah satu dengan wilayah  yang lain dengan musim. Di Indonesia misalnya hanya terdapat dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan, sementara di wilayah lain mengalami empat musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Untuk iklim, cukup bervariasi klasifikasinya. Dan tergantung sudut pandang apa kita mengklasifikasikan iklim. Misalnya, iklim bisa dibedakan berdasarkan pengaruh cahaya matahari, bisa juga dibedakan berdasarkan pengaruh lingkungan, iklim juga bisa dibedakan berdasarkan curah hujan. Contoh berdasarkan pengaruh matahari iklim dibedakan menjadi iklim tropis, subtropis, sedang dan dingin; berdasarkan pengaruh lingkungan iklim dibedakan menjadi iklim darat, iklim laut, iklim dataran tinggi, dan lain-lain.

Perbedaan cuaca dan iklim

Berdasarkan uraian di atas, bisa dibedakan bahwa perbedaan utama antara cuaca dan iklim terletak pada waktu dan tempat. Cuaca mencakup area yang sempit sedangkan iklim mencakup area yang luas. Cuaca berlangsung dalam waktu yang singkat dan mudah berubah sedangkan iklim berlangsung dalam waktu yang sangat lama bahkan sulit berubah. Selain itu cuaca dan iklim dipelajari dalam cabang ilmu yang berbeda. Cuaca dipelajari dalam ilmu meteorologi sedangkan iklim dipelajari dalam ilmu klimatologi.

Itulah uraian tentang cuaca dan iklim serta perbedaannya. Baca juga artikel menarik lainnya ya readers! Tetap di URAIAN.NET


Komentar