Langsung ke konten utama

Apa Perbedaan Antara Visi dan Misi?

Apa itu visi? Apa itu Misi? Apa perbedaan visi dan misi? Sebenarnya visi dan misi itu sudah jelas perbedaannya, hanya saja karena pengucapannya mirip dan biasanya disebut berdampingan maka bisa membuat kedua istilah ini terlihat membingungkan dan tertukar satu sama lain. Untuk itu sebelum  kita membahas apa itu visi dan misi serta apa perbedaannya, kita perlu mempertajam ingatan kita pada pengucapan VISI dan MISI. Coba ucapkan VISI, pakai ve dan pakai es, coba ulangi VISI! Sudah? Sekarang ucapkan MISI! Ulangi! MISI, PAKAI em dan es, MISI! Sudah lihaikah sekarang membedakan pengucapan visi dan misi? Sekarang mari kita bahas apa perbedaan antara visi dan misi.
Apa Perbedaan Antara Visi dan Misi?


VISI

Visi adalah pandangan yang jauh dari perusahaan, tujuan – tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan di masa depan.

Paham gak maksudnya? Ya visi itu adalah semacam cita-cita atau semboyan suatu lembaga atau organisasi yang dituangkan dalam satu atau beberapa kalimat menjadi sebuah paragraf pendek. Artinya mau menjadi apa lembaga tersebut, apa tujuan utamanya dan itu dituangkan dalam kalimat.

MISI

Misi ialah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan atau lembaga dalam usaha mewujudkan visi tersebut.

Gimana? Sudah paham apa itu misi? Misi itu semacam penjabaran daripada visi. Misi itu berupa poin-poin pernyataan tentang tindakan apa yang harus dilakukan agar visi tercapai. Jika visi adalah gambaran atau pandangan yang sifatnya masih terlalu umum, maka misi adalah penjelasan dari visi tersebut yang dituangkan dalam pernyataan yang lebih khusus dan jelas.

Untuk mengetahui lebih jelas apa perbedaan antara visi dan misi, Begini saja, kita analogikan visi dengan cita-cita kita saat masih kecil.

Misalnya kita bercita-cita menjadi seorang dokter. Maka visi kita misalnya adalah: menjadi seorang dokter

Untuk menjadi seorang dokter tentunya kita harus melakukan upaya-upaya agar cita-cita kita tercapai. Langkah-langkah yang perlu kita lakukan tersebut bisa kita tuangkan dalam misi yang berupa:
  1. Masuk SMA jurusan IPA
  2. Ikut kegiatan ekstrakurikuler PMR
  3. Melanjutkan ke perguruan tinggi jurusan kedokteran.
Itu Cuma contoh saja, sebenarnya visi dan misi itu dibuat oleh perusahaan atau lembaga bukan individu sehingga visi tersebut merupakan cita-cita bersama dan misi tersebut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan bersama-sama oleh tim lembaga tersebut.


Komentar